Ciri - Ciri Cucak Ijo Jantan Umur 5 Bulan

Ciri - Ciri Cucak Ijo Jantan Umur 5 BulanBurung jenis cucak ijo kian menjadi buruan penggelut hobi burung dengan kriteria mengamati dari sisi suara dan juga fisiknya yang tergolong unik. Itulah mungkin salah satu yang menjadi alasan mengapa burung cucak ijo lebih di gandrungi penggemarnya. Suara Burung Cucak ijo jantan sangat merdu terdengar di telinga, dibandingkan dengan suara cucak ijo betina. Jadi, tak heran lagi ditelinga jika burung cucak ijo jantan lebih menduduki ketenarannya ketimbang burung cucak ijo betina untuk di pelihara. Yang biasa kita sebut cucak hijau ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Dia adalah burung cica-daun besar dengan seluruh badan dominan dengan warna hijau. Chloropsis sonnerati termasuk ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird.

Seperti umumnya cica-daun, seluruh tubuh didominasi warna hijau terang (hijau daun), termasuk sayap dan ekor; sementara pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau. Perbedaan dengan cica-daun yang lain adalah adanya warna (noktah) biru pada bahu burung jantan. Burung betina dengan tenggorokan kuning dan lingkaran mata kuning. Kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya. Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki abu-abu kebiruan. Jenis burung ini kadang bersikap agresif terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil. Saat berkicau, cica-daun besar akan menundukkan kepala. Makanannya adalah aneka serangga dan buah-buahan hutan. 

Berikut ini adalah cara untuk mengenali perbedaan Cucak ijo jantan dan cucak ijo betina. Dalam membedakannya sebenarnya sangat mudah sekali untuk dikenali yaitu anda dapat melihat pada bagian lingkaran pada matanya. Secara sekilas, untuk sepasang burung cucak ijo terlihat sama. Ciri khas cucak ijo jantan maupun betina fisik dewasanya berbeda pula. Namun jika kita mengamati lebih detail kedua burung cucak ijo ini ternyata memiliki perbedaan pada fisik burung cucak ijo jantan dan betina. Membedakan cucak ijo jantan dan betina anakan - dapat dikatan gampang-gampang susah. Dikarenakan pada saat di usia mudanya/trowulan kisaran antara umur 2-4bulan, 

Dalam keadaan fisik hampir sama yang berwarna hijau serta keduanya memiliki corak warna kekuningan, padabagian paruhnyapun sampai bagian leher cucak ijo anakan. Dapat dikatakan tidak ada perbedaan ciri cucak ijo jantan dan betina anakan. Membedakan cucak ijo jantan dan betina anakan - dapat dikatan gampang-gampang susah. Dikarenakan pada saat di usia mudanya/trowulan kisaran antara umur 2-4bulan, Dalam keadaan fisik hampir sama yang berwarna hijau serta keduanya memiliki corak warna kekuningan, padabagian paruhnyapun sampai bagian leher cucak ijo anakan. Dapat dikatakan tidak ada perbedaan ciri cucak ijo jantan dan betina anakan. Berikut ini akan saya informasikan mengenai ciri-ciri dari Cucak Ijo Jantan yang berumur 5 bulan.

Ciri-ciri cucak ijo jantan yang berumur 5 bulan


Berikut ini adalah ciri-ciri dari Cucak Ijo Jantan yang berumur 5 Bulan. Pertama, bakalan jantan, jika masih berumur di bawah 4 bulan maka alis yang melingkar di kedua di matanya berwarna kuning. Jika alis matanya berwarna putih, betina. Kedua, warna paruh bagian bawah, kalau jantan berwarna coklat tua. Sedangkan yang betina berwarna putih. Ketiga, jika bakalan sudah berumur di atas 4-6 bulan, maka betina akan berwarna kuning di bagian leher, kemudian akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam. Pada dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh. Seiring dengan bertambnya umur, warnua hitam di leher bawah, akan terus menutup sampai di bawah matanya. Baca: Jenis-Jenis Kolibri yang Paling Bagus Suaranya Untuk Dilombakan

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment