Cara Merawat Dan Mengatasi Cendet Macet Bunyi Setelah Mabung

Cara Merawat Dan Mengatasi Cendet Macet Bunyi Setelah MabungJika anda adalah orang yang baru pertama kali ini memiliki burung cendet dan saat ini sedang macet tidak mau bunyi mungkin anda akan menjadi bingung. Bagaimana tidak burung cendet yang harganya mahal ternyata tiba-tiba tidak mau bunyi sehingga anda yang biasanya setiap hari mendengarkan kicauan-kicauan dengan suara indahnya yang bisa menirukan kicauan burung lain tapi karena cendet anda tidak mau bunyi maka anda harus sepi dan tidak mendengarkan kicauan burung anda tersebut. Jika inii terjadi maka anda tentu saja bingung. Apa yang harus anda lakukan untuk membuat burung cendet anda kembali berkicau seperti kemarin. Tapi anda tidakk perlu hawatir. Disini akan dijelaskan tentang bagaimaana caranya untuk membuat cendet anda bisa berkicau atau gacor kembali.

Inilah cara merawat cendet macet:


Agar cendet anda tidak macet terus maka anda perlu tahu bagaimana cara untuk merawatnya. Tapi sebelum anda tahu bagaimana cara merawat cendet macet, maka anda perlu tahu lebih dulu apa yang membuat cendet itu macet dan tidak mau bunyi. Ada banyak hal yang membuat burung menjadi tidak mau bunyi, yaitu karena burung itu habis anda bawa ke perjalanan jauh. Perlu anda tahu bahwa burung yang habis dibawa pergi jauh akan stres sehingga dia tidak mau berbunyi lagi. sebab yang lainnya adalah karena sangkar atau kandang burung tersebut terjatuh. Kandang yang terjatuh akan membuat burung menjadi kaget sehingga burung akan stres dan akibatnya burung jadi tidak mau bunyi. Hal lain yang membuat cendet tidak mau bunyi adalah karena ada binatang lainnya yang mengganggu sehingga burung takut. Dan burung yang terlalu lama dikerodong juga akan bisa membuat burung menjadi stres. Untuk itulah cara merawat cendet macet adalah jangan melakukan hal-hal di atas sehingga jika cendet anda sudah terlanjur macet saat ini maka akan bisa segera balik bunyi lagi.

Inilah cara mengatasi cendet macet bunyi setelah mabung:

Kadang ketika burung habis mabung, burung juga akan macet bunyi. Untuk itu perlu diatasi dengan cara:

• Mandikan di malam hari: agar burung cendet anda tidak macet bunyi lagi adalah anda bisa memandikannya saat malam hari, antara jam 7 malam sampai dengan jam 10 malam. Tapi yang harus anda tahu adalah jangan sampai anda terlalu menyemprot banyak air sehingga burung menjadi baasah kuyup. Anda hanya butuh memandikan burung ini yang penting basah saja dan setelah dimandikan jangan lupa untuk diangin-anginkan lebih dulu agar kering. Lakukan ini sampai burung anda kembali normal lagi.

• Pengembungan: cara lainnya untuk mengatasi cendet yang macet bunyi adalah dengan cara menggunakan pengembungan. Cara ini bagus untuk mengembalikan birahi burung sehingga burung akan bisa berkicau kembali.

• Membawa cendet ke tempat yang sepi: cara yang lain yang harus anda lakukan adalah anda perlu memindahkan cendet itu ke tempat lain yang sepi. Jangan sampai cendet mendengar kicauan burung lain, terutama burung cendet itu sendiri karena jika ini terjadi maka cendet akan semakin stres sehingga tidak mau bunyi.

• Memberikan EF sebanyak-banyaknya: cara yang lainnya untuk mengatasi cendet yang macet bunyi adalah dengan memberikan EF yang banyak. Anda bisa memberikan EF ini sebanyak-banyaknya tanpa ada takaran. EF yang bisa anda berikan adalah jangkrik atau kroto, dan lain sebagainya.

Lakukan cara-cara di atas sampai cendet anda kembali normal seperti dulu. Itulah pembahasan tentang cara merawat dan mengatasi cendet yang macet bunyi setelah mabung. Semoga bermanfaat. Baca: Perbedaan Cendet Jantan Dan Betina

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment