Ciri - Ciri Fisik Murai Batu Medan dan Lampung

Ciri - Ciri Fisik Murai Batu Medan dan Lampung - Siapa yang tak kenal dengan Murai Batu Medan? Para pecinta burung pastinya tidak asing dengan jenis burung yang satu ini. Murai Batu Medan merupakan salah satu jenis burung andalan yang paling banyak diincar karena termasuk burung terbaik se-Indonesia dan kerap kali menang dalam berbagai ajang kontes/perlombaan burung. Murai Batu Medan saat ini merupakan burung yang paling bayak dicari sehingga memiliki nilai jual yang sangat melambung tinggi. Hal ini disebabkan karena burung ini selain mempunyai bentuk tubuh yang eksotis dengan ekornya yang panjang, juga mempunyai kualitas kicau yang istimewa.

Selain itu, beberapa ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh Murai Batu Medan ini dapat kita gunakan untuk membedakannya dengan jenis Murai Batu lainnya. Walaupun untuk membedakan Murai Batu yang memiliki ekor yang lebih pendek daripada Murai Batu Medan, namun bagaimana untuk membedakan jenis Murai Batu yang memiliki panjang ekor yang hampir mirip dengan ekor Murai Batu Medan. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui ciri-ciri fisik Murai Batu Medan yang asli karena ciri-ciri fisik antar burung ini sangat tipis, supaya tidak ada kekeliruan ketika akan membeli jenis burung yang satu ini.

Ciri-ciri fisik Murai Batu Medan


Ciri-ciri fisik Murai Batu Medan antara lain dari segi postur, Murai Batu Medan mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Murai Batu jenis lainnya. Namun begitu, bentuk tubuh tersebut tetap ideal karena serasi dengan panjang ekor. Bentuk kepala Murai Batu Medan sangat bagus. Bahkan ketika badan berdiri tegak, kepala burung akan terlihat lebih sempurna lagi. Murai Batu Medan memiliki ekor panjang yang berbentuk melengkung dengan ukuran antara 14cm-27cm (tergantung indukannya). Motif ekor Murai Batu Medan adalah terdapat empat pasang bulu berwarna putih tegas yang terdapat pada kanan kiri ekor. Terdapat strip berwarna hitam membalah secara horizontal dari pangkal ekor. Warna hitam pada Murai Batu Medan sangat kontras mengkilat. Bahkan jika dijemur dan terkena matahari, akan memancar warna efek sinar kebiru-biruan. Warna kaki Murai Batu Medan kerap kali dijumpai berwarna merah kecokelatan. Namun begitu, tidak jarang juga dijumpai kaki berwarna hitam. Murai Batu Medan juga memiliki kicauan dengan volume yang keras dan ngebas serta lebih variatif.

Berbeda halnya dengan jenis burung Murai Batu Lampung yang kalah populernya dengan jenis Muara Batu lainnya. Tetapi, jika dirawat dengan baik dan benar tentunya akan membuat kualitas dari Murai Batu ini menjadi lebih baik serta dapat mengalahkan jenis Murai Batu lainnya dan muncul sebagai pemenang kontes/perlombaan burung. Kebanyakan Murai Batu berasal dari Pulau Kalimantan dan Sumatera, termasuk jenis yang satu ini berasal dari Lampung sehingga ciri-ciri fisik Murai Batu Lampung dapat dibedakan dengan jenis Murai Batu lainnya seperti bentuk badan, warna bulu dan panjang ekor.

Ciri-ciri fisik Murai Batu Lampung


Apabila dibandingkan dengan Murai Batu Medan, ciri-ciri fisik Murai Batu Lampung yaitu memiliki ukuran yang lebih kecil dengan panjang ekor yang tidak terlalu panjang seperti yang dimiliki oleh Muran Batu Medan. Panjang ekor Murai Batu Lampung ini hanya berkisar sekit 15 cm saja dan bentuknya yag lurus. Warna bulu yang dimiliki Murai Batu Lampung adalah dominan hitam pekat dengan warna bulu dada kuning dan sedikit coklat tua. Selain itu, volume suara yang dimiliki Murai Batu Lampung juga kurang bervariasi tetapi memiliki suara ngeban yang berulang-ulang sehingga tidak kalah dengan jenis Muara Batu lainnya. Baca: Cara Ternak Dan Menghasilkan Lovebird Blorok

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment