Cara Beternak Kenari Yorkshire Bagi Pemula

Cara Beternak Kenari Yorkshire Bagi PemulaBurung Kenari (Serius Canaria) merupakan jenis burung pemakan biji-bijian yang belakangan ini banyak dikembangbiakkan oleh masyarakat. Burung kenari memiliki kicauan yang sangat indah, memiliki warna bulu yang beraneka ragam, serta postur tubuh yang relatif kecil namun proporsional membuat beberapa orang tertarik untuk mengembangbiakkannya. Banyak orang-orang yang telah mendulang kesuksesan dan mendapatkan banyak keuntungan materi yang cukup besar karena beternak burung kenari. Burung kenari ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan harganya dari waktu ke waktu cenderung stabil. Sehingga banyak orang yang ingin mengembangkan budidaya kenari sebagai lahan bisnis karena penangkaran burung kenari memiliki prospek yang sangat bagus dan menjanjikan. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara beternak Kenari Yorkshire khususnya bagi pemula.

Masih banyak dari pemula yang belum memiliki pengalaman terutama untuk beternak burung kenari. Namun apabila dipelajari, beternak burung kenari ini dapat dilakukan oleh beberapa orang yang memang memiliki tekad untuk melakukannya. Alasan yang paling menjanjikan karena beternak burung kenari dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Baru-baru ini di Indonesia telah muncul jenis burung kenari terbaru, yaitu burung kenari Yorkshire. Burung kenari yorkshire merupakan hasil persilangan dari burung kenari Lancashire dan burung kenari Belgia. Bentuk burung ini sering digambarkan seperti wortel terbalik dan memiliki kebiasaan berdiri tegak dengan kaki panjang. Menurut asal-usulnya, burung kenari Yorkshire berasal dari Benua Eropa. Sedangkan di Indonesia, jenis burung ini masih terbilang baru dan termasuk dalam jajaran burung kelas atas yang jarang dimiliki kebanyakan orang, tetapi memiliki peminat yang cukup banyak. Kini, pengetahuan tentang cara beternak Kenari Yorkshire bagi pemula sangat penting untuk memulai bisnis fauna yang satu ini. Karena apabila budidaya burung kenari yorkshire ini terus dilanjutkan akan memberikan keuntungan yang cukup besar.

Cara Beternak Kenari Yorkshire bagi Pemula


Cara beternak kenari yorkshire bagi pemula pertama kali yaitu dapat menentukan jenis kelamin. Ciri-ciri kenari dengan jenis kelamin jantan yaitu tubuhnya cenderung memanjang dengan leher agak panjang, dapat berbunyi nyaring dan ngeroll ketika dewasa, dan memiliki anus yang berbentuk menonjol atau tegak lurus. Sedangkan ciri-ciri kenari betina yaitu bentuk badannya yang terlihat membulat dengan anus yang berbentuk horizontal/datar. Usia kenari yang cocok untuk dibudidayakan minimal 1 tahun. Selain itu menyiapkan kandang yang cocok bagi kenari dan terlindung dari bahaya serangga ataupun binatang pengerat. Untuk menjodohkan kenari jantan dan betina, sebelumnya anda bisa melihat tanda-tanda yang diberikan oleh keduanya ketika telah siap untuk melakukan perkawinan. Setelah melihat tanda-tandanya, langkah selanjutnya adalah proses mengawinkan kenari dengan meletakkannya di kandang besar dengan sekat di tengahnya. Hal ini dimaksudkan agar kenari tersebut tidak langsung bersentuhan fisik, tetapi dapat berkenalan terlebih dahulu. Setelah cocok, sekat yang ada di dalam kandang bisa dilepas dan membiarkan kenari jantan mengawini kenari betina.

Setelah masa perkawinan yang berlangsung sekitar 4-6 hari, selanjutnya yaitu induk betina akan mengeluarkan telur pada sangkar yang telah disiapkan sebelum proses perkawinan tersebut. Biasanya kenari betina akan mengeluarkan 4 butir telur tiap masa perkawinan yang kemudian akan diremai oleh sang induk. Dan rata-rata telur kenari yang bagus akan menetas sekitar hari ketigabelas atau hari keempatbelas dari masa pengeraman. Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan makanan yang cocok bagi telur yang telah menetas agar dapat bertumbuhkembang dengan baik. Dan untuk menjaga kebersihan sarang burung kenari supaya disemprot dan dibersihkan dengan menggunakan disinfektan yang ditabur disekitar lokasi. Demikianlah beberapa cara beternak kenari Yorkshire bagi pemula. Semoga berhasil! Baca: Cara Memotong Sayap Lovebird

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment