Cara Menjodohkan dan Mengawinkan Kenari Bagi Pemula

Cara Menjodohkan dan Mengawinkan Kenari Bagi PemulaMembudidayakan burung kenari selain menjadi kegiatan yang mengasyikkan juga bisa menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Banyak orang yang ingin memulai untuk membudidayakan burung kenari. Burung kenari mempunyai kicauan yang sangat merdu, memiliki warna bulu yang sangat indah, serta postur tubuh yang relatif kecil namun begitu proporsional. Para pecinta kicauan burung pasti tidak ada yang tidak mengetahui perihal tentang burung kenari. Bahkan hingga kini burung kenari menjadi salah satu burung yang paling banyak dicari, sehingga memiliki harga jual yang relatif tinggi. 

Oleh karena itu, membudidayakan burung kenari menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin berbisnis, terutama bisnis jual beli hewan. Bagi para pemula dalam berbisnis jual beli burung kenari, tentunya harus mengetahui beberapa cara untuk membudidayakannya. Hal-hal yang paling penting dalam beternak burung kenari ini salah satunya adalah bagaimana cara menjodohkan dan mengawinkan burung kenari bagi pemula. Dengan mengetahui hal-hal tersebut tentunya akan mempermudah kita dalam menjalankan bisnis membudidayakan burung kenari.

Cara Menjodohkan Burung Kenari

Cara menjodohkan kenari pertama kali adalah mengetahui jenis kelamin dari masing-masing burung tersebut. Tiap-tiap burung kenari tentu memiliki ciri khas kelamin tertentu. Ciri-ciri kenari dengan jenis kelamin jantan yaitu tubuhnya yang cenderung memanjang dengan leher agak panjang, dapat berbunyi nyaring dan ngeroll ketika dewasa, dan memiliki anus yang berbentuk menonjol atau tegak lurus. Sedangkan ciri-ciri kenari betina yaitu bentuk badannya yang terlihat membulat dengan leher yang lebih pendek, beberapa ada yang berbunyi tapi tidak ngeroll ada yang juga ngeroll tetapi tidak nyaring dan putus-putus, dan memiliki anus yang berbentuk horizontal/datar sehingga tidak menonjol. 

Selanjutnya adalah menyiapkan kandang yang cocok bagi kenari dan terlindung dari bahaya serangga ataupun binatang pengerat. Untuk menjodohkan kenari jantan dan betina, sebelumnya anda bisa melihat tanda-tanda yang diberikan oleh keduanya ketika telah siap untuk melakukan perkawinan. Beberapa cara menjodohkan kenari yaitu mendekatkan sangkar burung burung jantan dan burung betina dengan lama waktu idealnya adalah 3 hari. Selama proses perjodohan ini, sebaiknya juga menyediakan makanan yang cocok untuk burung kenari. Tetapi dengan takaran yang secukupnya, karena apabila kenari mengalami kegemukan akan menghambat proses perjodohan. 

Cara Mengawinkan Burung Kenari

Mengetahui usia burung kenari yang telah siap untuk dikawinkan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam cara mengawinkan kenari. Kenari yang telah siap untuk diternak idealnya berumur 6 bulan untuk betina dan 8 bulan untuk jantan, namun beberapa kenari yang berukuran tubuh besar seperti yorkshire memiliki usia 10 bulan untuk siap dikawinkan. Ciri-ciri burung kenari yang sukses dalam rangka perjodohan tersebut diantaranya adalah kenari jantan akan sering berkicau atau gacor bahkan saat sedang bertengger kakinya akan sering bergerak bergantian sedangkan kenari betina akan mengepakkan sayapnya dan kadang bersikap menungging yang berarti pertanda minta kawin.

Setelah melihat tanda-tandanya, cara mengawinkan kenari bagi pemula diantaranya adalah mengambul kenari jantan dan betina dengan meletakkannya di kandang besar dengan sekat di tengahnya. Caranya yaitu dengan mengambil kenari jantan yang berada di dalam sangkar gantung dan memasukkannya ke dalam kandang box yang berisi kenari betina tetapi jangan sampai tertukar. Jika kenari tersebut telah berjodoh maka kenari jantan dan kenari betina akan saling meloloh. Kemudian akan terjadi perkawinan antara kenari jantan dan betina. Proses ini bisa memakan waktu yang singkat hingga berhari-hari lamanya. Bagi kenari betina yang telah bertelur sebelumnya, proses ini akan berjalan cepat, namun sebaliknya bagi kenari betina yang belum pernah bertelur. Demikianlah beberapa cara untuk menjodohkan dan mengawinkan burung kenari. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca yang ingin memulai untuk beternak burung kenari. Baca: Cara Beternak Kenari Yorkshire Bagi Pemula

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment