Penyebab Dan Cara Mengatasi Murai Batu Mengembangkan Bulu

Penyebab Dan Cara Mengatasi Murai Batu Mengembangkan Bulu - Burung murai batu yang mengembangkan bulunya memang sering ditenukan. Sebenarnya apa yang mengakibatkan hal itu terjadi? Banyak penyebab dan cara mengatasi murai batu mengembangkan bulu. Mulai dari sakit sampai dengan berasa pada masa burahi atau biasa disebut dengan ngelowo /ngebatman. Pada kesempatan ini pembahasan akan difokuskan kepada murai batu yang mengembangkan bulunya karena sedang ngelowo.

Tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Murai Batu Mengembangkan Bulu


Birahi ini merupakan sifat yang tak bisa dihindarkan dari setiap murai batu. Kebanyakan para kicau mania tidak menyukai Kaskus ini, apalagi terjadi ketika murai batu sedang digantang pada posisi lomba atau kejuaraan. Biasanya bulu akan mengembangkan dan diikuti dengan suara-suara kecil, bahkan burung sampai turun ke bawah pada sangkarnya. Meskipun sifat tidak bisa dijadikan penyebab dan cara mengatasi murai batu mengembangkan bulu. Lebih jelas dan lengkapnya mari kita lihat beberapa faktor yang menyebabkan murai batu mengembangkan sayapnya atau bukunya. Faktor tersebut diantaranya, burung masih berada pada tahap akhir mabung yaitu proses dorong ekor (tumbuh ekor belum maksimal). Burung masih dalam kondisi pasca mabung jadi tidak bisa untuk trek atau lomba, bila dipaksakan hasilnya birahi akan naik sehingga ngelowo. Selain itu, burung masih mudah belum siap mentalnya atau penjemuran yang tidak aturan membuat burung mengembangkan bulunya. Lantas, bagaimana cara pencegahan atau mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Cobah untuk memberikan cacing tanah sebab hal ini dianggap bisa meredam birahi tinggi pada murai batu. Pemberian harus dilakukan secara rutin pagi sore hari sampai murai batu benar-benar normal lagi.

2. Kurangi pemberian ektra Food skala banyak yang memicu penaikan birahi, seperti jangkrik atau ulat Hongkong (UH). Sifat ekstra yang memberikan efek panas pada burung sehingga membuat birahinya tinggi. Bahkan ketika mabung pun tidak diperkenankan memberi ekstra Food yang berlebihan.

3. Penyebab dan tentang cara mengatasi murai batu yang mengembangkan bulu, selanjutnya adalah dengan mengurangi waktu penjemuran atau bisa dikerodong.

4. Beri ruang gerak bagi burung dengan cara diumbar dengan tempat umbaran yang agak besar. Hal ini memberikan keleluasaan bagi burung seperti ketika di alam liar.

5. Sesekali lakukan pemandian pada malam hari. Tidak usah takut atau khawatir terhadap murai batu akan stres atau kedinginan. Pemandian ketika malam merupakan terapi yang harus dicoba agar burung kembali seperti sedia kala.

6. Jangan memaksakan burung yang akan mabung atau yang masih muda atau baru usai mabung untuk ikut serta dalam perlombaan.

7. Jika Anda ingin melombakan murai batu maka sebaiknya memandikan dan memberikan jangkrik si waktu yang tepat. Banyaknya pemberian jangkrik 5 atau maksimal 7 saja dan proses pemandian dilakukan setengah jam sebelum naik lomba.

8. Sandingkan dengan murai batu betina. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan dari burung murai batu Anda. Waktu yang tepat untuk mengembalikan burung pada kondisi terbaiuntuk paling tidak 1 bulan saja.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi murai batu mengembangkan bulu. Hal tersebut dapat anda lakukan seluruhnya atau salah satu saja. Anda harus memahami karakter dari murai batu yang Anda punya. Tidak semua cara yang di atas tadi efektif, makanya pilih yang kira-kira cocok untuk murai batu Anda. Mengatasi mengembangnya bulu murai batu memang tidak mudah. Coab salah satu jika belum berhasil coba yang lain, dan ketika sudah kembali normal hentikan dan lakukan perawatan harian seperti biasa. Baca: Cara Merawat Murai Batu Cepat Mabung

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment