Cara Merawat Kenari Sedang Bertelur Dan Baru Menetas Agar Sehat

Cara Merawat Kenari Sedang Bertelur Dan Baru Menetas Agar Sehat - Kenari adalah salah satu jenis burung kicau yang saat ini banyak dipelihara oleh pecinta burung, baik hanya sebagai peliharaan ataupun untuk perlombaan kicau burung. Hal ini karena kenari sendiri memiliki suara kicauan yang merdu. Selain itu, kenari juga lebih mudah untuk dikembangbiakkan. Meskipun demikian, bagi anda yang merupakan peternak kenari pemula, tentu juga harus mengetahui cara merawat kenari yang sedang bertelur dan baru menetas. Mengapa? Ini karena tak jarang banyak orang yang kemudian gagal dalam membudidayakan kenari yang dipeliharanya karena tidak mengetahui cara merawat kenari yang sedang bertelur.

Seputar Cara Merawat Kenari Yang Sedang Bertelur Dan Baru Menetas

Pada proses perkembangbiakan kenari sendiri, sebenarnya setelah burung kenari mengalami proses perkawinan, apabila pembuahan sukses, kenari akan bertelur selang 18 hari hingga 21 hari. Apabila burung kenari anda mengalami proses peneluran kurang dari 18 hari atau sekitar 2 minggu, maka kemungkinan besar telur tersebut akan gagal atau bahkan menghasilkan anakan kenari yang cacat. Sebelum bertelur, induk kenari yang berada di kandang harus disediakan sarang untuk meletakkan telur-telurnya karena di kandang kenari tak bisa membuat sarangnya sendiri. Dan apabila tidak disediakan sarang di kandangnya, maka kenari tak akan bertelur atau bahkan yang lebih parah telur tersebut akan dikeluarkan di kandang sehingga pecah. Setidaknya persiapkan sarang telur burung kenari pada hari ke 10 sejak perkawinan kenari berlangsung. Berikut adalah cara merawat kenari yang sedang bertelur dan baru menetas.

Berikut adalah cara dalam merawat kenari yang sedang bertelur, mengerami telur, hingga anak kenari menetas:

• Memberikan pakan yang tepat

Cara merawat kenari yang sedang bertelur dan baru menetas pertama adalah memberikan menu pakan yang tepat untuk induk kenari. Menu pakan yang tepat akan memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan induk kenari selama mengerami telur mereka. Sebagai informasi, dalam sekali proses peneluran, induk kenari bisa bertelur dengan jumlah 3 hingga 4 telur. Menu pakan tepat untuk kenari yang sedang mengerami telurnya adalah dengan biji-bijian, sayur, dan telur puyuh.

• Membersihkan kandang dengan seksama

Bersihnya kandang juga menjadi faktor apakah telur kenari bisa menetas dengan sempurna atau tidak. Hal ini karena dengan kandang yang bersih, maka berbagai penyakit yang mungkin menyerang induk kenari ataupun telur bisa diatasi. Untuk itu, pastikan bahwa kandang kenari selalu dalam keadaan kering agar tidak muncul kutu yang menyerang kenari. Selain itu, bersihkan juga sisa makanan yang ada di kandang kenari agar induk kenari nyaman saat mengerami telur mereka.

• Memperlakukan induk kenari dengan baik

Cara pertama dalam memperlakukan induk kenari dengan baik adalah dengan tidak memberikan wadah minum yang terlalu besar. Hal ini karena dengan wadah minum besar, maka induk kenari akan lebih sering mandi. Tubuh basah dari induk kenari juga mempengaruhi prosentase berhasilnya telur menetas. Kedua, pastikan tak ada semut atau hewan lain yang mengganggu induk kenari atau bahkan anak kenari yang baru menetas.

Itulah cara merawat kenari yang sedang bertelur dan baru menetas. Adapun ketika anakan kenari berhasil menetas dengan sehat, pastikan anda tidak langsung menjemurnya. Taruhlah kandang di tempat yang teduh. Setelah 14 hari, anda bisa mulai meletakkan kenari di tempat di mana terkena sinar matahari untuk mencegah munculnya kutu atau tungau pada badan induk dan anakan kenari. Selain itu, jangan terlalu sering memandikan kenari meskipun anakan kenari telah menetas agar anakan kenari tetap bisa mendapatkan kehangatan dari tubuh induknya. Baca: Cara Merawat Kenari Biar Gacor Panjang dan Bersuara Merdu

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment