Cara merawat anakan lovebird yang baru menetas

Cara merawat anakan lovebird yang baru menetasPada jaman sekarang, sudah sangat banyak orang yang tertarik untuk bisa memiliki hewan peliharaan. Salah satu binatang yang menjadi binatang peliharaan adalah burung, terutama burung lovebird. Cara merawatnya pun cukup beragam. Cara merawat anakan lovebird yang baru menetas pastinya cukup berbeda dengan cara merawat lovebird yang sudah cukup dewasa. Berbagai macam treatment pastinya akan menjadi pembeda yang sangat signifikan antara lovebird yang masih anakan dan lovebird yang sudah dewasa. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai cara merawat anakan lovebird yang baru menetas.

Tips dan cara merawat anakan Lovebird yang baru menetas


a. Berikan vaksin secara cukup

Sebagai anakan yang baru lahir, lovebird pastinya memliki cara yang cukup khusus dalam perawatannya. Salah satu cara khusus tersebut adalah dengan memberikannya vaksin secara cukup. Vaksin diberikan sebagai upaya preventif bagi lovebird tersebut agar tidak terkena penyakit. Seperti diketahui, bahwa anakan semua binatang pastinya sangat rentan terhadap penyakit. Tidak terkecuali anakan lovebird. Maka dari itu, pemberian vaksin dan vitamin sedari dini dapat mencegah anakan lovebird dari penyakit yang mungkin akan menyerang mereka. Ini juga menjadi sangat penting untuk kesehatan sang lovebird di kemudian hari. Untuk jadwal pemberian vaksin pun, harus tepat dan tidak boleh telat.

b. Jadwal makan yang teratur

Selain vaksin, makanan juga menjadi hal yang sangat penting bagi anakan lovebird. Lovebird yang baru menetas butuh diberikan secara teratur dan secara tepat sesuai porsi mereka masing-masing. Biasanya, untuk anakan lovebird, makanan yang biasa diberikan adalah bubur bayi rasa kacang hijau. Dengan tekstur yang cukup lembut dan mudah telan, ini menjadi salah satu makanan yang cukup tepat untuk anakan lovebird yang baru menetas. Jika anda ingin menambah vitamin, anda adapat mencampurkan bubur bayi tersebut dengan voer ayam. Untuk perbandingan pencampuran antara keduanya, anda bisa menggunakan ukuran 2 sendok x 1 sendok. Selain itu, jadwal pemberian makan pun menjadi fokus yang juga harus diperhatikan oleh sang pemilik lovebird. Terkadang, jadwal pemberian makanan yang kurang tepat dapat mempengaruhi kesehatan sang anakan lovebird. Biasanya, lovebird diberi makan pada jam aktifnya, yatitu sekitar 3 atau 4 jam sekali. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa lovebird memakan makanannya.

c. Pembersihan kandang secara rutin

Pembersihan kandang secara rutin pun menjadi salah satu treatment yang unggul untuk dilakukan guna memberikan rasa nyaman kepada anakan lovebird yang baru menetas. Pembersihan kandang ini pun menjadi salah satu kunci suksesnya perawatan anakan lovebird. Anda harus bisa tetap terjaga untuk membersihkan bekas kotoran dari anakan lovebird. Waktu pembersihannya pun juga harus tersusun secara rapi, agar nantinya dapat memberikan rasa nyaman kepada anakan lovebird.

Berikut tadi adalah beberapa info menarik yang bisa anda aplikasikan sebagai cara-cara yang cukup menarik dan aplikatif dalam mengurus anakan lovebird yang baru menetas. Tentu saja, dalam mengurus anakan lovebird tersebut, anda harus mengurusnya dengan penuh kecakapan dan ketelatenan. Karena, jika anda sedikit saja melakukan kesalahan, baik dalam memberikan vaksin, memberikan makanan, bahkan dalam membersihkan kandang, anda akan gagal dalam merawat lovebird tersebut. Maka dari itu, cara merawat anakan lovebird yang baru menetas tadi pun bisa menjadi referensi bagi anda guna bisa merawat anakan tersebut secara baik dan benar. Baca: Cara Mengobati Atau Mengatasi Lovebird Sakit Dan Ngantukan

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment