Ciri Ciri dan Kelebihan Murai Batu Borneo yang Bagus dan Super

Ciri Ciri dan Kelebihan Murai Batu Borneo yang Bagus dan Super - Di Indonesia Murai Batu dibedakan berdasarkan asalnya. Terdapat dua jenis Murai Indonesia yang terkenal di kalangan pecinta burung yaitu Murai Batu Sumatera dan Murai Batu Kalimantan. Masing-masing daerah juga memiliki beberapa varian lagi. Murai Batu Sumatera ada yang berasal dari Aceh, Medan, Bengkulu dan Lampung. Murai Batu Kalimantan ada dua jenis yaitu yang berasal dari Banjar dan Palangkaraya. Jenis Murai Batu Kalimantan banyak digemari karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan Murai Batu dari Sumatera. Meski begitu, kicauan Murai Batu Kalimantan tidak kalah. Murai Batu Borneo dikenal memiliki suara ngeroll, dan memiliki perilaku ngobra saat berkicau dan ini sudah menjadi bagian dari identitasnya. Murai Batu Kalimantan juga dikenal dengan sebutan Murai Batu Borneo. Pecinta burung perlu juga untuk memahami ciri ciri dan kelebihan Murai Batu Borneo yang bagus.

Berbagai Ciri Ciri dan Kelebihan Murai Batu Borneo yang Bagus


Murai Batu Borneo sendiri terbagi ke dalan tiga sub spesies atau ras. Ras Palangka, Ras Banjar dan Ras Mahkota. Ketiganya berasal dari tiga daerah yang berbeda di Kalimantan. Sebenarnya agak sulit untuk mengenali ciri ciri dan kelebihan Murai Batu Borneo yang bagus, karena Murai Batu asal Indonesia seluruhnya sangat mirip baik bentuk fisik maupun suaranya. Meski begitu, sebenarnya beberapa bagian tubuh dari Murai Batu bisa menjadi penanda asal Murai Batu serta rasnya. Murai Batu Borneo memiliki cirri khusus pada ekor yaitu pada warna pada bagian bawah ekornya. Ekor Murai Batu Borneo berwarna putih polos di bagian bawahnya dengan semburat kehitaman pada bagian ujungnya. Sedangkan ekor pada bagian atasnya seluruhnya berwarna hitam. Ciri-ciri lainnya adalah:

  1. Panjang ekor sekitar 8-13 cm.
  2. Karakter suara kicauan tidak mengkristal.
  3. Warna bulu di bagian dada coklat kekuning-kuningan cerah.
  4. Memiliki kemiripan panjang, biasanya antara yang putih dan hitam.

Selanjutnya untuk memilih Murai Batu Borneo dengan kualitas super juga diperlukan pengetahuan mengenai ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Borneo yang bagus. Terdapat beberapa ciri Murai Batu Borneo yang bagus dan super, diantaranya:

  1. Bentuk fisik Murai Batu Borneo lebih kecil dibandingkan Murai Batu Medan atau Aceh. Pad bagian dadanya berwarna coklat muda yang cerah.
  2. Bagian punggung, leher, kepala memiliki warna bulu gradasi dari hitam pekat sampai sedikit cerah dan ini merupakan warna yang menjadi cirri khas Murai Baru Borneo.
  3. Ekor Murai Batu Kalimantan berkisar antara 8-14 cm lebih pendek bila dibandingkan panjang ekor burung lain yang bisa mencapai 35 cm. Bentuk ekornya lurus namun pada bagian ujungnya melebar. Ujung melebar pada ekor merupakan ciri khas dari Murai Batu Borneo.
  4. Suara kicauan burung Murai Batu Borneo memiliki karakter yang khas. Suaranya rendah, tidak keras, dan tidak mengkristal.

Demikian ciri ciri dan kelebihan Murai Batu Borneo yang bagus. Oleh karena burung Murai Batu memiliki banyak kemiripan satu sama lain, maka harus benar-benar memperhatikan detail cirri tubuhnya. Pecinta burung yang masih pemula seringkali mengalami kesulitasn dalam mengenali cirri-ciri ini memang. Kejelian sangat diperlukan ketika memilih Murai Batu Borneo. Bila salah pilih, bisa-bisa gagal mendapatkan Murai Batu Borneo berkualitas. Secara garis besar, dari semua cirri fisik yang ada, Murai Batu Borneo memiliki tubuh yang lebih panjang dan langsing dibandingkan dengan Murai Batu Sumatera. Semoga review ini dapat membantu para pecinta burung pemula. Baca: Tips Cara Merawat Murai Batu Bakalan Agar Cepat Jinak dan Gacor

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment