Cara Merawat Dan Mengatasi Kenari Birahi Tinggi Dengan Baik Dan Benar

Cara Merawat Dan Mengatasi Kenari Birahi Tinggi Dengan Baik Dan BenarBurung kenari merupakan salah satu burung yang menjadi idola bagi para pecinta burung. Hal itu dikarenakan burung kenari mempunyai warna bulu yang indah serta mempunyai suara yang sangat merdu. Hewan peliharaan ini berasal dari Kepulauan Canary yang berada dekat dengan Samudra Atlantik. Namun burung kenari yang berkembang saat itu sudah bukan burung kenari yang berasal asli dari Kepulauan Canary. Burung kenari telah melakukan persilangan selama bertahun-tahun sampai akhirnya tidak ada burung kenari asli Kepulauan Canary. Nah, ada satu masalah yang kerap datang pada burung kenari yaitu pada saat birahinya tinggi dan berikut akan dijelaskan banyak hal tentang cara merawat dan mengatasi kenari birahi tinggi.

Seputar Cara Merawat Dan Mengatasi Kenari Birahi Tinggi


Burung kenari merupakan burung yang jika birahi maka akan mendatangkan masalah kepada pemiliknya. Dikarenakan burung kenari yang birahi tidak akan mengeluarkan suara dan akan selalu menabrak-nabrak jeruji sangkar dengan panik. Sehingga jika burung yang sedang birahi diikut sertakan dalam perlombaan burung berkicau maka kemungkinan untuk menang tidak akan terjadi. Hal ini berarti mendatangkan masalah bagi pemiliknya bukan? Selain itu masih banyak dampak negatif yang akan ditimbulkan jika kenari birahi seperti:

1. Burung kenari yang birahi jika diikut sertakan dalam perlombaan maka tidak akan mendapatkan juara karena burung kenari dalam kondisi yang tidak tenang serta menabrak jeruji sangkar.

2. Burung kenari jantan yang terlalu birahi akan sangat sulituntuk dijodohkan ataupun dikawinkan, dikarenakan burung kenari jantan yang merasa sangat birahi sehingga akan mengejar kenari betina dengan cara yang kasar.

3. Burung kenari yang birahi tidak akan membunyikan suara merdunya baik dirumah maupun di dalam perlombaan.

4. Burung kenari betina yang terlalu birahi juga akan berdampak buruk, apalagi jika burung kenari betina sedang dalam proses mengerami telurnya. Telur tersebut akan sering ditinggalkan dan telur gagal menetas.

Itulah beberapa dampak negatif yang akan ditimbulkan jika burung kenari terlalu birahi. Jika burung kenari yang sedang birahi tidak segera ditangani maka akan berdapak sangat buruk. Maka dari itu perlu diketahui juga cara-cara ampuh mengatasi dan merawat burung kenari yang birahi. Berikut beberapa cara merawat dan mengatasi kenari birahi tinggi yaitu:

1. Memandikan burung kenari dengan lebih sering dibandingkan hari biasanya saat sedang tidak birahi. Jika biasanya memandikan burung kenari satu minggu sebanyak 2 kali maka kali ini memandikannya satu minggu 3-4 kali.

2. Berikan makanan tambahan berupa mentimun setiap harinya, karena mentimun dapat mengurangi birahi pada kenari.

3. Mengurangi makanan burung kenari yang berupa apel, telur puyuh rebus serta kroto semut. Makanan tersebut dapat memicu birahi dapat bertambah. Sehingga lebih baik dihentikan pemberian makanan tersebut terlebih dahulu. Jika burung kenari sudah dalam kondisi yang stabil maka makanan tersebut sudah boleh diberikan kembali.

4. Pemberian biji niger juga sebaiknya jangan diberikan terlebih dahulu. Karena biji niger dapat memicu birahi pada burung kenari. Berilah biji niger jika burung kenari sudah dalam keaadaan yang stabil.

5. Mengurangi waktu untuk menjemur burung kenari, karena semakin hangat badan burung kenari maka tingkat birahi akan semakin tinggi. Jika biasanya kenari dijemur selama 2 jam perhari maka sebaiknya burung kenari dijemur hanya 1 jam saja perhari.

Para pemilik burung kenari sebaiknya mengetahui serta mempelajari hal-hal tersebut diatas. Dengan mengetahui cara merawat dan mengatasi kenari birahi tinggi, maka para pemilik burung kenari tidak akan bingung atau salah dalam mengambil sikap. Itulah beberapa informasi yang patut diketahui dan semoga bermanfaat. Baca: Tips Dan Cara Merawat Kenari Mabung Agar Cepat Selesai

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment