Cara Merawat, Mencegah, Dan Mengobati Kenari Sakit Agar Kembali Fit

Cara Merawat, Mencegah, Dan Mengobati Kenari Sakit Agar Kembali FitMemiliki burung merpati yang sehat tentu menjadi hal yang diinginkan oleh setiap peternak kenari. Hal ini karena kenari yang sehat tentu akan lebih bisa mengeluarkan suara kicauan yang merdu. Selain itu, proses perkembangbiakan burung kenari tersebut akan berjalan dengan lancar sehingga menghasilkan banyak anakan kenari. Oleh karena itulah, bagi para peternak kenari, memahami cara merawat, mencegah, dan mengobati kenari sakit adalah hal dasar yang harus diketahui.

Lebih Jauh Tentang Cara Merawat, Mencegah, Dan Mengobati Kenari Sakit


Sebelum mengulas tentang cara merawat, mencegah, dan mengobati kenari sakit, sebagai pemiliki kenari anda juga harus mengetahui kebiasaan burung kenari ketika mengalami sakit. Seperti halnya jenis burung lain, apabila kenari sakit mereka cenderung menyembunyikan kondisinya tersebut hingga pada akhirnya penyakit tersebut menjadi parah. Hal ini karena apabila kenari terlihat sakit, maka predator lain yang menyadari hal tersebut akan lebih tertarik memangsa burung kenari. Dengan demikian, memperhatikan kebiasaan serta perilaku burung kenari peliharaan anda adalah langkah terbaik untuk mengetahui apakah kenari tersebut sedang terserang penyakit atau tidak. Apabila anda membiarkannya terlalu lama, tentu akan berbahaya bagi kesehatan kenari itu sendiri.

Berikut adalah beberapa cara merawat, mencegah, dan mengobati kenari sakit yang bisa anda lakukan:

Cara merawat kenari


o Tempatkan kenari pada tempat yang teduh, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Penempatan kenari di tempat yang sesuai untuknya tentu akan menjadikan kenari selalu sehat. Selain itu, pastikan bahwa tempat tersebut terhindar dari hembusan angin kencang karena akan menjadikan kenari lebih rentan sakit

o Hindari panas langsung saat menjemur kenari. Banyak dari para pemula yang menganggap bahwa apabila kenari dijemur di panasnya matahari, maka berbagai penyakit seperti tungau dan kutu akan hilang. Padahal hal ini tak selamanya benar. Saat menjemur kenari, anda cukup menaruh kandang kenari di tempat yang terkena sinar, bukan sinar matahari secara langsung.

o Menyediakan air bersih serta pakan yang bernutrisi.

o Tambahan suplemen atau multivitamin agar kesehatan kenari tetap terjaga.

Mencegah kenari dari berbagai penyakit


Untuk mencegah kenari agar terhindari dari berbagai macam penyakit, sebenarnya kembali pada perawatan yang baik pada burung kenari. Semakin baik anda merawatnya serta memperhatikan kebersihan kandang, maka kenari akan terhindar dari berbagai penyakit. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

o Menyediakan pakan berupa sayuran yang diselingi dengan macam-macam sayuran atau buah-buahan lainnya. Misalnya anda bisa mengganti pakan kenari dari sawi hijau ke buah-buahan secara berkala.

o Menyediakan air minum matang

o Apabila cuaca dingin, maka gunakan tudung atau penutup sangkar kenari.

Mengobati kenari yang sedang sakit


o Anggaplah kenari sebagai binatang kesayangan atau bahkan bayi anda. Biasanya apabila kenari mengalami sakit parah, biasanya kenari tidak akan mau makan. Oleh karena itu, anda bisa menyuapkan makanan ke mulutnya dengan makanan terbaik seperti biji-bijian, telur puyuh rebus, apel, dan lain sebagainya.

o Pada minuman kenari, campurlah dengan vitamin ataupun obat agar kenari tersebut cepat pulih dari sakitnya.

o Berikan lampu atau letakkan di ruangan yang memiliki suhu kamar, yakni tidak terlalu panas atau dingin. Selain itu, ketika menggunakan lampu untuk menghangatkan kenari, tutup juga kandang kenari agar burung kenari bisa tidur dengan nyaman.

o Pastikan bahwa lingkungan kandang selalu bersih dan tenang dari segala suara gaduh.

Demikian cara merawat, mencegah, dan mengobati kenari sakit yang bisa dilakukan. Kunci utama agar kenari tak mengalami sakit adalah dengan memberikan perawatan terbaik untuk kenari tersebut. Dengan begitu, kenari anda akan selalu lincah dan berkicau dengan merdu. Baca: Cara Merawat Dan Mengatasi Kenari Birahi Tinggi Dengan Baik Dan Benar

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment