Cara Mengatasi Kacer Mbagong Saat Lomba

Cara Mengatasi Kacer Mbagong Saat Lomba - Burung kacer adalah salah satu burung kicauan yang banyak digemari di seluruh kawasan Asia dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mengapa burung kacer begitu digemarin oleh para kicau mania? Beberapa alasan terkuat mengapa burung ini begitu digemari karena memiliki suara yang merdu, lantang dan bervariasi. Begitu pula kelebihan dan kekurangan yang dimiliki burung ini pun menjadi beberapa pertimbangan bagi para penghobi burung. Burung kacer yang memiliki nama latin Copsychus saularis dikenal memiliki gaya bertarung khas yang dimiliki oleh burung berbadan gempal ini. Biasanya gaya bertarung itu disebut Ngobra. Namun, dibalik kelebihannya, burung kacer juga memiliki kekurangan yang juga sudah diketahui banyak orang. Orang-orang sering menyebutnya mbagong, mbalon, kuda laut, mbedesi, dan lain-lain. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa anda dilakukan khususnya cara mengatasi kacer mbagong saat lomba.

Mbagong, mbedesi, ataupun kuda laut adalah istilah yang disematkan terhadap burung kacer ini karena perilakunya yang tidak nyaman untuk dilihat. Burung kacer yang memiliki tanda-tanda akan mbagong yaitu seperti mendongakkan kepalanya layaknya kuda laut, memekarkan bulu sekitar dada, menekuk ekornya ke bawah, sembari mengeluarkan suara-suara lantang yang bervariasi. Perilaku mbagong dari burung kacer merupakan sifat bawaan alami karena burung kacer merupakan burung yang memiliki kandungan mineral di dalam tubuh yang sedikit. Lantaran zat mineralnya yang tidak mencukupi inilah kadang bisa membuat kecer berulah kembali. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh para pemiliknya, terutama ketika sedang berada dalam kontes lomba. Tentunya sebagai pemilik burung khas ini, anda harus mengetahui cara mengatasi kacer mbagong terutama saat lomba.

Cara Mengatasi Kacer Mbagong Saat Lomba


Perilaku mbagong tersebut tidak dapat dihilangkan, akan tetapi dapat diminimalisir. Cara mengatasi kacer mbagong saat lomba ini dapat dilakukan baik dari cmencegah sampai mengatasinya. Namun sebelumnya kita perlu mengetahui sebab-sebab kacer mbagong, seperti mental yang kurang bagus, usia muda, over birahi, memasuki masa mabung, kondisi fisik ngedrop lantaran salah atau kurang perawatan, mengalami trauma, stress, over ekstra fooding dan jenuh lomba lantaran terlalu dieksplor di lapangan. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah perilaku mbagong burung kacer sebelum mengikuti perlombaan antara lain dengan mengembunkan burung kacer selama beberapa hari pada pukul 5 pagi secara rutin sebelum perlombaan. Dengan melakukan pengembunan, akan berdampak pada menurunnya tingkat birahi burung ini. Selain itu, mengatur makanan yang diberikan pada burung ini sehingga dapat menentukan kualitasnya daat perlombaan dimulai.

Apabila perilaku mbagog tadi tetap terjadi, bahkan pada saat lomba dilaksanakan. Ada beberapa cara mengatasi kacer mbagong terutama pada saat lomba. Cara mengatasinya bisa dilihat dari penyebab mengapa burung kacer ini mulai mbagong. Apabila burung kacer ini mulai mbagong akibat penggantian angkringan atau sangkar yang menimbulkan rasa tidak nyaman, maka sebaiknya tidak perlu melakukan hal itu. Selanjutnya adalah memberikan ekstra food yang sesuai pada burung kacer. Dengan rutin memberikan ekstra food seperti belalang, jangkrik, ulat bambu, ulat hongkong dan cacing tentunya akan menghindari burung kacer ‘kumat’ lagi. Selain itu juga bisa menambah waktu berjemur sang kacer. Burung ini bisa dijemur lebih dari 2 jam dan maksimal 4 jam, serta mandikan kacer kalian cukup satu kali dalam sehari tetapi juga perhatikan kebiasaan mandi yang dimiliki oleh masing-masing kacer, misal ada kacer yang lebih suka mandi dengan menggunakan keramba. Demikianlah beberapa cara mengatasi kacer yang mbagong untuk Anda. Semoga bermanfaat! Baca: Daftar Harga Jalak Suren Gacor Terbaru

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment