Cara Menjinakan Kacer Muda Hutan

Cara Menjinakkan Kacer Muda HutanBurung kacer memang termasuk dalam jajaran burung yang banyak dipelihara oleh masyarakat terutama di Indonesia. Walaupun banyak yang memelihara burung pengicau ini, beberapa jenis burung kacer memang ada yang memiliki harga jual cukup tinggi contohnya seperti burung kacer trotolan. Tetapi, ada juga burung kacer hasil tangkapan dari hutan yang banyak dijual di pasaran dan memiliki harga yang cukup mudah untuk dijangkau. Namun, perlu diketahui untuk para pembeli yang ingin memiliki jenis burung ini, burung kacer muda hasil tangkapan hutan umumnya masih banyak yang belum jinak alias masih giras. Tentunya bagi anda yang baru pertama kali membeli burung kacer jenis ini akan kaget karena kelakuannya yang sangat aktif dan giras. Para pembeli pun akan merasa bingung dan takut karena kelakuan yang ditonjolkan oleh burung kacer ini. Cara menjinakkan kacer muda hutan perlu Anda kuasai untuk bisa merawatnya apabila Anda telah membeli burung yang satu ini.

Perlu diketahui memang burung kacer tangkapan hutan yang banyak dijual di pasaran umumnya masih bersifat giras dan berkelakuan sangat aktif, Hal ini memang sangat sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya dulu, yaitu di alam bebas. Tentunya apabila burung ini telah menjadi tangkapan dan dijualbelikan, burung tersebut akan menemui tempat tinggal yang jauh berbeda dengan lingkungan tempat tinggalnya dahulu. Beberapa burung kacer muda hutan yang diperoleh dari hasil tangkapan memiliki kondisi rusak dengan bulu amburadul dan masih bersifat giras. Jangankan dilatih dengan menggunakan master, burung ini bahkan tidak mau berbunyi karena merasa tertekan dengan kondisi tempat tinggalnya yang baru. Oleh karena itu, perlunya beberapa cara menjinakkan burung kacer muda hutan ini jika telah sampai di tangan Anda.

Cara Menjinakkan Kacer Muda Hitam


Cara menjinakkan burung kacer muda hutan sebenarnya sama dengan merawat jenis burung lainnya. Namun, apabila Anda memiliki jenis burung kacer bakalan atau hasil tangkapan hutan tentu Anda harus memberikan perawatan kacer bakalan secara intensif. Perawatan tersebut dapat berupa pemberian makanan dan asupan gizi yang cukup, serta perlakuan khusus kepada burung kacer untuk memulai menjinakkannya. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu ketika hari pertama burung dibeli dan dibawa pulang, tempatkan terlbih dahulu burung di tempat yang sepi dan tenang selama kira-kira semingguan.Untuk proses penjinakan dan pengenalan lingkungan barunya, burung bisa mulai digantang di tempat ramai namun dengan posisi gantang/cantel yang tinggi. Selanjutnya, turunkan gantangan sangkar di rumah setelah 1 minggu pada gantangan tinggi di tempat ramai, turunkan terus ketinggian setelah 1 minggu pada ketinggian sebelumnya. Lakukan cara tersebut hingga gantangan dalam kondisi ketinggian normal di rumah.

Saat pertama kali dalam cara menjinakkan burung kacer muda hutan ini akan ada beberapa bagian dari burung yang sedikit tergores seperti bulu dan bagian hidungnya. Menyediakan cepuk air yang besar juga akan sangat berguna untuk burung ini supaya dapat minum dan belajar untuk mandi sendiri, jika kacer belum mau mandi sendiri bisa dipancing dengan menggunakan sprayer. Dengan melakukan interaksi yang intensif dan terus menerus pada burung jua sangat berpengaruh pada proses penjinakannya. Oleh karena itu, Anda juga dianjurkan untuk sering-sering menyentuh dan mendekati burung tersebut apalagi ketika sedang membersihkan sangkar. Jangan lupa untuk memberi pakan yang sesuai dan tambahan pakan / ekstra food, juga perlu untuk mengganti pakannya setiap hari dan menambah air jika telah habis.Memberi master pada burung ini juga perlu, tetapi dengan volume yang tidak terlalu keras. Apabila telah melakukan hal-hal rutin yang dilakukan diatas, gantung kembali sangkar burung agar burung dapat beristirahat. Baca: Penyebab dan Ciri Kacer Mbagong

Author

sasaji sasaji Fiksioner is a free template that suitable for personal blogging because the layout is like a journal.

Post a Comment